Makna Persahabatan


            Hari ini membaca bukunya kang Salim A Fillah, dan menemukan judul yang asyik untuk di share untuk sahabat-sahabatku. Apa yang ada di benak sahabat saat ditanya tentang makna persahabatan?? Nah sebelum kalian menjawab, simak dulu yuuk apa makna persahabatan bagi Muhammad SAW!!
            “Allah melihat kedalam hati para hamba-Nya,” demikian  ‘Abdullah ibn Mas’ud berkata, “Di dapatinya hati Muhammad  SAW adalah yang paling putih. Maka Allah memilihnya menjadi Nabi dan utusan yang membawa risalah penutup-Nya. Lalu Allah melihat lagi kedalam hati para hambaNya, maka di dapatinya hati sahabat-sahabat Muhammad adalah yang paling  jernih, maka diapun menjadikan mereka sahabat yang mendukung dan menolongnya dalam menegakkan risalah.”
            “Alangkah indahnya gagasan,” kenang Hasan Albanna dalam Mudzakkiratul Da’wah wa Da’iyah, “Dan alangkah bermaknanya jika ada sekelompok manusia yang berjanji setia untuk mewujudkannya.”
63.  Dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman)[622]. walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah Telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya dia Maha gagah lagi Maha Bijaksana.(Al-Anfaal:63)

            Tiba-tiba pandangan mata, sentuhan tangan, pembicaraan, gerak anggota badan, dan getar hati menjadi sebuah simfoni. Nyanyiannya merdu, diiringkan saling pengertian, saling  menyayangi, saling setia, tolong menolong, luasnya jiwa dan sikap lapang dada. Taka da yang mengetahui kegaiban himpunan hati ini kecuali hati-hati itu sendiri. Mereka berikrar untuk bermesra di jalan-Nya.
            Nah itulah yang terjadi pada Muhammad SAW dan orang-orang yang bersamanya. Yang kemudian manusia menyaksikan keajaibannya. Energy kebajikan tumpah ruah ke segenap penjuru bumi dalam dekapan ukhuwah. Bagaimana dengan makna persahabatan kita yang terjalin slama ini??? Sudahkah seindah yang di contohkan oleh para Nabi??

 ^_*

0 Response to "Makna Persahabatan"

Posting Komentar