Remaja Gaul Pandai Bersyukur




Hai hai hai…para remaja gaul!! Sadarkah kita selama ini telah banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita? Dapatkah kau menghitung nikmatNya? Tentu saja gag bakal terhitung deeh, pake kalkulator sekalipun pake alat hitung yang tercanggih, gag akan terjangkau. Coba deh diinget lagi, nikmat apa aja yang udah kamu dapet? Mungkin disaat kita galau, pusing, ato takut sama yang namanya UAS, UAN ato apapun yang membuatmu serba gag enak hati, tapi ketidak enakan hati kamu itu ternyata membuahkan kelulusan dengan nilai yang memuaskan. Atau saat kita sakit dan dokter memvonis umur kita tinggal sebulan, tapi ternyata masih diberi kesempatan untuk memperbaiki segala kesalahan yang kita lakukan. Atau disaat kita sedang sedih n galau Cuma gara2 cinta, tapi ternyata kita pun masih bisa tersenyum dan menghadapi hidup ini. Hey remaja gaul, bukankah semua itu hanya sebagian nikmat yang pernah kita peroleh dalam kehidupan kita, dan sudahkah kita bersyukur dengan semua itu??
“ Maka dia tersenyum dengan tertawa Karena (mendengar) perkataan semut itu. dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah Aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu yang Telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah Aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (QS. An-Naml:19)

Nah…!! Itu doa yang dapat kita baca ketika ingin bersyukur kepada Allah. Tetapi seringkali kita lupa akan nikmat yang telah Allah berikan untuk kita, diantaranya:
       Pertama, nikmat kesehatan dan kehidupan alias umur. Sadarkah sobat, bahwa kesehatan merupakan modal dan kenikmatan yang tak ternilai harganya. Seandainya kita bergelimang harta (meskipun milik bonyok alias bokap nyokap kita), berbagai penghargaan berprestasi disekolah kita peroleh, tapi kalau badan kita gag sehat, semua itu jadi gag ada maknanya.
       So, bersyukurlah atas nikmat kesehatan yang diberikan kepada kita. Selain itu nikmat umur pun harus benar-benar kita syukuri, karena kita sebagai manusia adalah makhluk yang terikat dengan waktu. Kualitas bin kemampuan kita ditentukan oleh sejauh mana dapat mempergunakan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya dan mengisinya dengan amal sholeh.
       Kedua, nikmat akal. Kita sebagai manusia merupakan makhluk yang paling mulia disbanding makhluk lainnya, karena Allah telah memberikan keindahan fisik dan akal kita untuk menggali ilmu Allah dimuka bumi ini.
“Allah menganugerahkan Al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar Telah dianugerahi karunia yang banyak. dan Hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (QS Al-Baqarah:269)
       Ketiga, nikmat beragama. Hey remaja gauuul, kalo kamu merasakan kenikmatan, ketentraman dan kebahagiaan ketika melaksanakan ajaran-ajaran agama serta perasaan nyaman dan damai ketika bergabung dengan orang2 yang sholeh bin keren, berarti kamu mendapatkan nikmat beragama.
       Kenyataannya, tidak sembarag orang dapat merasakan nikmatnya beragama. Buktinya banyak juga orang yang merasa tersiksa saat harus melaksanakan ajaran-ajaran beragama. Merasa terbebani saat melaksanakan shalat, merasa berat untuk berinfak atau merasa menderita saat berpuasa.
       So, bersyukurlah jika kamu mendapatkan dan merasakan nikmatnya beragama, karena nikmat itu tak ternilai harganya.
       Dengan merenungi tiga macam nikmat tersebut, semakin membuat kita merasakan betapa nikmat Allah itu tak terhingga. Dan itu semakin mendorong kita untuk berusaha berada di lingkungan orang-orang sholeh.

^_^




4 Response to "Remaja Gaul Pandai Bersyukur"

  1. chafid Masrur Says:

    siap setuju... nikmat allah tiada terhingga....

  2. chafid Masrur Says:

    embak jurusan apa semester berapa????

  3. chafid Masrur Says:

    siap... nuikmat allah tiada terhingga....

  4. Senyum itu AKU Says:

    Chafid_so, bersyukur atas semua itu ya!!

    aku jurusan KI di Tarbiyah

Posting Komentar